-->

Mau Lomba Panjat Pinang, Ini Lho Trik Dan Strateginya

Bulan Agustus yang merupakan Bulan Kemerdekaan Bangsa Indonesia memang terasa special bagi masyarakat Indonesia. Di sana sini di Kota juga di Desa dan disegala penjuru wilayah terlihat moment perayaan dan peringatan.
Bendera Merah Putih dikibarkan, upacara dilaksanakan, lomba-lombapun diadakan.
Semua wargapun antusias, tua muda, laki perempuan, juga anak-anakpun larut dengan eforia perayaan Agustusan yang biasanya diisi dengan beragam permainan dan perlombaan.

Lomba Agustusan biasanya unik, lucu, kreatif dan sifatnya menghibur. Salah satunya adalah Panjat Pinang, jenis lomba yang satu ini begitu populer dan uniknya hanya ada di Bulan Agustus saja.

Lomba-Panjat-Pinang
Lomba Panjat Pinang
( foto: Shutterstock )

PANJAT PINANG
Lomba Panjat Pinang adalah Perlombaan/ Permainan tradisional yang mengadu ketangkasan atau ketrampilan dalam memanjat.
Media yang digunakan yaitu batang pohon Pinang (Jambe) yang memang terkenal licin. Namun karena sekarang ini pohon pinang sudah jarang ditemukan maka batang pengganti biasanya mengunakan pohon bambu yang besar. Agar menjadi licin batang bambu tersebut diberi pelicin seperti oli dan sejenisnya.
Pemenang lomba yaitu peserta yang dapat menggapai hadiah yang dipasang di ujung atas batang.

BAHAYA !!!
Padahal sadarkah anda kalau lomba panjat pinang itu berbahaya dan mengandung resiko tinggi.
Coba bayangkan, mereka peserta lomba yang terlalu semangat merebut hadiah kadang sampai lupa peduli dengan keselamatannya sendiri. Memanjat pohon pinang atau juga batang bambu dengan kisaran tinggi 5 Meter bahkan bisa juga lebih kita rasa pastinya susah apalagi ditambah batang tersebut masih dilumuri pelicin. Weleh weleh bahaya sekali Mas, bisa jatuh kalau tidak hati-hati.
Ini adalah faktor yang dapat menimbulkan bahaya terjatuh itu :

1. Licin
2. Lelah
3. Canda

Tiga faktor di atas pasti ditemui dan tidak bisa dihindari dalam perlombaan, padahal karena hal di atas sangat memungkinkan peserta lomba bisa terjatuh.

STRATEGI 
Walaupun sekedar lomba namun saya kira lomba panjat pinang perlu membutuhkan strategi yang benar. Kekompakan tim juga penting agar mampu menopang satu dengan lainnya.
Kalau kita lihat jarang peserta yang berhasil memanjat naik sampai menggapai puncak pada percobaan pertama, kedua, sampai kesepuluh sekalipun. Walapun dengan sekuat tenaga paling cuma seperempat ataupun setengah saja dari ketinggian batang, mereka sudah keplorot duluan. 
Strategi yang benar yaitu harus efektif tenaga. Biarkan saja tim lain yang ngotot duluan di awal kesempatan toh juga tidak akan berhasil.
Dengan begitu pada akhirnya kita diuntungkan dengan masih memiliki tenaga yang cukup setelah pelicin pada batang pinang mulai mengering.
Kenapa bisa saya katakan kering karena biasanya minyak Oli yang netes itu mulai habis ditambah lagi sudah kesapu duluan oleh tim peserta lain.
Gimana masuk akal bukan ???

Hemat tenaga bisa menjadi strategi dan solusi yang tepat menurut saya, tetapi begitu sebenarnya ada Trik Khusus panjat pinang yang jarang diketahui.
Mau tau bagaimana triknya? 

TRIK LOMBA PANJAT PINANG
Di bawah ini trik yang bisa dicoba dan diterapkan pada waktu lomba nanti

1. Oli yang dioles pada batang pinang  memang bukan main licinnya, tetapi kadar licin pada oli sebenarnya bisa menjadi tawar dengan namanya minyak Solar.
Triknya yaitu sebelum memanjat basahi dulu pakaian kalian dengan Solar. Semuanya dari baju, celana, juga lengan dan kaki.
Silakan dicoba dan dibuktikan sendiri. Tetapi jika hal tersebut dilarang panitia maka solusinya dengan trik kedua berikut ini.

2. Kalian tentu tahu namanya cincin akik. Jika batu akik tersebut dilepas dari ringnya maka kalian akan mendapati bagian ring dengan ujung runcing.
Manfaatkan barang itu sebagai penahan licin pada batang pinang.
Bila perlu pakailah di sepuluh jari sekaligus maka kemungkinan besar anda mampu naik tanpa kesulitan.

3. Jika dengan dua hal di atas masih juga belum mampu untuk meraih hadiah maka kalian perlu memakai ikat pinggang besar yang terbuat dari kulit.
Jika ada lebih bagus lagi jika ikat pinggang tersebut dengan kepala gasper yaitu terbuat dari besi yang berpermukaan kasar. Fungsinya sama dengan trik kedua tadi yaitu sebagai penahan

Dengan tiga trik yang saya berikan tadi saya berharap kalian bisa mendapat dua keberhasilan yaitu pertama berhasil mendapat hadiah panjat pinang dan kedua berhasil memeriahkan Agustusan.

Dalam akhir tulisan kembali saya ingatkan bahwa lomba panjat pinang itu sangatlah berbahaya. Sekali lagi kalian harus fokus dan hati-hati.
Demikian semoga bermanfaat.
Terima kasih

Sumber :
Foto ;

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mau Lomba Panjat Pinang, Ini Lho Trik Dan Strateginya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1