-->

Persiapan Test Wawancara Anggota PPS

Halo Sahabat semua,
Bulan November 2017 merupakan agenda dari KPU di beberapa daerah di Indonesia melakukan rekrutmen anggota PPS ( Panitia Pemungutan Suara ) sebagai pekerja honorer dalam pelaksanaan PILKADA serentak di tahun 2018 mendatang.
Besaran honor yang bakal diterima anggota PPS nantinya membuat banyak orang tertarik mendaftarkan sebagai calon anggota, namun karena di tiap desa hanya dibutuhkan tiga orang personil maka penentuan siapa yang terpilih menjadi wewenang PPK setempat melalui test penyaringan tentunya.

Melalui PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan ) yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh KPU Daerah, rekrutmen anggota PPS yang saya tahu selain menggunakan test tertulis juga dilakukan dengan metode test wawancara atau interview.

Lalu apa yang sekiranya perlu dipersiapkan calon anggota PPS guna menghadapi Test Wawancara tersebut dan bagaimana materi wawancara yang mungkin akan dipertanyakan, berikut ini saya sajikan tulisan yang barangkali bisa membantu kalian semua calon anggota PPS.

Test-Wawancara-PPS
Wawancara PPS (Ilustrasi)

PERSIAPAN DIRI MENGHADAPI WAWANCARA

1. Siapakan Mental
Mempersiapkan mental merupakan faktor pertama yang perlu anda lakukan. Dengan mental yang siap akan memberi nilai plus kepercayaan diri bagi kalian.
Hilangkan rasa grogi, tegang, takut, kuatir, malu dan sebagainya saat pertama kali anda masuk dan berada pada ruang wawancara. Mental akan membawa pengaruh kepada kemampuan daya pikir anda saat menjawab wawancara nanti.

2. Fokus
Fokus dalam hal ini saya artikan sebagai konsentrasi penuh dengan apa yang diinginkan dan ditanyakan oleh tim penguji.
Dengarkan baik-baik apa yang penguji tanyakan dan mulailah anda menjawab setelah selasai pertanyaan diajukan. Jangan pernah menyela pertanyaan dan sebisa mungkin jangan pula meminta penguji mengulangi pertanyaannya lagi.

3. Jujur
Faktor berikutnya adalah sebuah kejujuran dalam memberi jawaban.
Katakan bisa jika bisa atau tidak jika memang tidak. Ingat jika sekali saja anda berbohong dalam dalam jawaban pertanyaan maka anda akan mempersulit diri dengan kebohongan yang lain untuk menutupi kebohongan pertama tadi. Biasanya materi pertanyaan dari tim sudah terstruktur dengan baik antara satu pertanyaan dengan pertanyaan yang lain, jadi mana jawaban yang benar atau tidak tentunya akan kelihatan.

4. Sopan Dan Rendah Diri
Sopan dalam berpakaian ataupun juga dalam kata-kata juga menjadi nilai plus tersendiri. Tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut saya kira anda sudah mengerti hal ini.
Namun yang tidak kalah pentingnya yaitu sikap rendah diri yang kadang sering dilupakan. Kemungkinan bisa terjadi tim penguji wawancara sebetulnya daya kemampuan dan intelektual tidak lebih dari yang anda miliki, namun jangan sekali kali anda merasa lebih pintar bahkan bermaksud malah menggurui mereka.

Itu tadi hal mendasar secara umum dalam menghadapi wawancara. Saya kira wawancara rekrutmen PPS juga seperti halnya wawancara kerja dan sebagainya namun yang membedakan adalah materi wawancara yang mungkin akan disajikan.
Untuk itu saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai materi wawancara calon anggota PPS,

MATERI WAWANCARA CALON ANGGOTA PPS

1. Rekam Jejak
PPS adalah sebuah kepanitiaan jadi barangkali mereka akan menanyakan pengalaman anda dalam kepanitaan sebelumnya, atau pengalaman anda dalam kepanitiaan atau organisasi yang lain.
Jika kebetulan sebelumnya anda pernah duduk dalam anggota PPS atau KPPS atau Sekretariat hal ini memberi point penilaian, namun jika tidak pengalaman anda sebagai pengurus organisasi yang lain juga bisa menjadi point pendukung.

2. Integritas
Adalah konsep yang berkaitan dengan prinsip, konsitensi tindakan, metode dan sebagainya. Integritas sebagai PPS bisa saja dengan anda tunjukan karakter dan keinginan yang kuat untuk menjalankan tugas anda jika terpilih nanti.

3. Pengetahuan Umum
Meskipun pengetahuan umum saya kira materi pertanyaan yang diajukan nanti tidaklah lepas dari pengetahuan anda seputar PEMILU, PILKADA, PILPRES, UU yang mengatur hal itu dan sebangasanya.
Jadi menurut saya cukup persiapkan pengetahuan anda tentang hal itu, dan tidak usah sibuk mencari tahu Tari Gambyong itu berasal dari mana hehe

4. Pengetahuan Dasar Komputer
Komputer menjadi perangkat yang nantinya digunakan untuk membantu kinerja anda maka kemampuan akan hal ini tentu akan ditanyakan juga.
Anda cukup mempelajari MS Word dan MS Exel, karena dua aplikasi ini yang nantinya akan sering diguanakan dalam pekerjaan sebagai PPS.

Demikian hal singkat  tenteng  persiapan menghadapi ujian wawancara PPS, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kalian.
Mohon maaf jika ada kekurangan, dan terima kasih atas kunjungannya.

Foto ; www.shutterstock.com



Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Persiapan Test Wawancara Anggota PPS"

  1. Jika anda butuh nomor togel 2D 3D 4D di jamin tembus 100% silahkan tlp Aki Danis Wara di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1